Seminar Nasread

Sabtu, 18 Januari 2014

NASREAD and Call for Paper 2014

 

 NASREAD
Arus globalisasi yang semakin tak terbendung membawa dampak yang sangat luas dalam berbagai sendi kehidupan, tidak terkecuali bidang pendidikan. Batas-batas administratif negara menjadi semakin transparan sehingga memberi ruang bagi penyelenggaraan suatu pendidikan di negara berkembang oleh negara maju. Ditambah lagi dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni (IPTEKS) yang semakin pesat. Oleh karena itu, perkembangan ini harus disikapi dengan perubahan paradigma pendidikan dari tingkat dasar, menengah maupun tinggi
Pendidikan merupakan sumber kemajuan bangsa yang sangat menentukan daya saing bangsa, sehingga sektor pendidikan harus terus-menerus ditingkatkan mutunya. Sejalan dengan Tujuan Renstra Pendidikan Tinggi 2010-2014 nomor tiga, yaitu ketersediaan pendidikan tinggi Indonesia yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan pembangunan nasional sehingga berkontribusi secara nyata kepada peningkatan daya saing bangsa. Hal tersebut dapat dicapai melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi. Jika bercermin pada negara-negara maju, maka tidak dapat disangkal bahwa salah satu faktor utama pendukung kemajuan adalah kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang terus-menerus bergerak ke depan, sehingga wajar jika  kualitas penelitian mereka berada di garis depan ilmu pengetahuan.
 Dalam merekonstruksi sistem ekonomi, sosial, budaya dan politik, pendidikan  tinggi harus terus berupaya menciptakan terobosan baru untuk menunjang pembangunan nasional secara menyeluruh dan karenanya penelitian perlu  diarahkan pada inovasi dan tanggapan cepat terhadap kebutuhan masyarakat, misalnya hasil penelitian yang dilindungi oleh Hak Kekayaan Intelektual (HKI), seperti antara lain hak paten dan teknologi tepat guna. Bidang penelitian tidak harus selalu diartikan berorientasi pada produk dengan melupakan kajian ipteks-sosbud mendasar yang dalam jangka panjang akan berdampak pada kemajuan ekonomi dan daya saing bangsa. Perbaikan kualitas penelitian juga akan dapat mewujudkan negara yang bermutu dan berwibawa. Salah satu indikator utamanya adalah publikasi internasional para peneliti dan akademisi, serta dalam rangka meneguhkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Surat Edaran Ditjen Dikti Nomor 152/E/T/2012 tentang Publikasi Karya Ilmiah seharusnya menjadi pijakan dalam upaya untuk meningkatan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah akademisi Indonesia.
 Program Pascasarjana Universitas Darul ‘Ulum Jombang merasa perlu melakukan sebuah langkah nyata untuk meningkatkan kemampuan akademik mahasiswa pascasarjana dalam menghadapi kompetisi global, baik secara nasional maupun internasional, dengan menyelenggarakan “National Seminar for Research and Academics Development (NASREAD) 2014”. Tujuannya untuk mentransformasi dan menyebarkan ilmu pengetahuan, sarana silaturahim dan saling berbagi informasi, pengalaman, untuk meningkatkan kualitas hasil penelitian.
Kegiatan ini dalam bentuk seminar dengan Keynote Speaker Prof. Dr. Imam Robandi, dari Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (Produktivitas Menulis Untuk Meningkatkan Personal Brand) dan Prof. Dr. Mien Rifa’i dari AIPI-Jakarta (Kreativitas Penelitian).
 Adapun lingkup dari call for paper ini meliputi bidang:
  1. Pendidikan, Sastra, dan Budaya (Pengembangan Pembelajaran, Pengenbangan Manajerial Sekolah, Penelitian Tindakan Kelas, Kreativitas Pembelajaran, Pengembangan Kurikulum dan sastra, Pengalaman Memimpin Sekolah),
  2. Ilmu-Ilmu Sosial, Keormasan, Pendidikan Islam, dan Ilmu Pemerintahan, Teknologi dan Rekayasa (Teknik Elektro, Ilmu Komputer, Teknik Mesin dan Mekatronika, Biotechnology, Sains, Teknik Kimia, dan Teknik Industri, Energy, Material, Arsitek, Desain Produk).
  3. Ilmu Ekonomi, Akuntansi, dan Manajemen.
  4. Ilmu Kesehatan, Kedokteran dan Farmasi (Keperawatan, Kebidanan, Biomedic Engineering, Kedokteran Gigi, Kedokteran Hewan, Kesehatan Lingkungan dan Masyarakat, Analisis Medik).
  5. Agrikultur (Rekayasa Pertanian, Peternakan, Pengelolaan Hasil Pertanian, Hama dan Penyakit, Ilmu Tanah, Ekonomi Pertanian).
  6. Ilmu Hukum dan Ilmu Politik.
  7. Psikologi.
Adapun persertanya meliputi Mahasiswa (S1, S2, S3), Guru, Akademisi, Peneliti, Industri, dan Umum. Acara akan dilaksanakan pada tanggal 26 Januari 2014 bertempat di Kampus Universitas Darul ‘Ulum Jombang, Jl. Gus Dur No. 29A Jombang.
 Sementara biaya untuk mengikuti acara ini Mahasiswa S1, S2, S3 Guru, Akademisi, Peneliti, dan Umum sebagai Pemateri (Rp 200.000), Industri (Rp 350.000), dan peserta biasa atau bukan pemateri (Rp 150.000). Adapun fasilitas yang akan diterima adalah Makan Siang, Sertifikat, Seminar Kit, dan Proceding ber-ISSN.
 Contact Person:
Dwi Ajiatmo, S.T., M.T.
HP :085 630 382 73
email: ajiatmo@gmail.com
Wiwin Indayani, S,E., M.Si.
HP: 081 553190376
email: wiwinindayani@yahoo.com
Anang R. Jatmiko, S.E., M.Si.
HP: 081553374710
email: anang_j@ymail.com